Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Guru Wali Kelas di Sekolah

Surat izin sakit tidak masuk sekolah termasuk juga dalam type surat pribadi lantaran ditulis atas nama pribadi. Surat izin ini umumnya di buat oleh siswa yang kebetulan memperoleh halangan yang spesifik (contohnya: sakit) hingga tidak dapat masuk ke sekolah untuk ikuti aktivitas evaluasi belajar. Surat ini mempunyai tujuan untuk memberitahu pihak sekolah dalam hal ini guru atau wali kelas kalau siswa yang namanya dijelaskan dalam surat itu tidak dapat hadir  ke sekolah. Surat izin ini begitu utama untuk ditulis supaya ketidakhadiran seseorang siswa bisa di ketahui oleh pihak sekolah. Sebab, bila tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu, sehingga ketidakhadiran seseorang siswa di sekolah digolongkan sebagai alpa. Sudah pasti, hal semacam ini sangat begitu merugikan.



Tetapi, walau termasuk sebagai surat pribadi, penulisan surat izin tidak masuk sekolah ini tidak sama saat Anda menuliskan surat pada rekan anda. Ketidaksamaan yang paling mendasar terdapat pada macam bhs yang dipakai. Macam bhs yang dipakai dalam menulis surat izin ini mesti memakai bhs resmi dengan kalimat yang baku sebab suratnya diperuntukkan pada lembaga resmi seperti sekolah. Jadi, surat izin tidak masuk sekolah ini bisa dikelompokkan juga kedalam surat resmi.

Untuk menulis surat izin tidak masuk sekolah, beberapa hal utama yang perlu cermati yaitu pengirim surat, argumen bikin surat izin, serta maksud surat izin itu.
  1. Pengirim Surat : Pengirim surat diisi info mengenai siapa yang kirim surat izin itu. Umumnya, surat izin pengirimnya mencantumkan nama orang-tua atau wali siswa yang memohonkan izin pada anaknya lewat surat.
  2. Argumen Surat Izin : Sisi ini menyebutkan argumen yang mengakibatkan kenapa siswa yang dijelaskan nama dalam surat tidak dapat ada ke sekolah. Apakah lantaran sakit atau ada kebutuhan lainnya.
  3. Maksud Surat Izin : Diisi info mengenai pada siapa surat izin ini diperuntukkan. Apakah kepada Kepala Sekolah, atau pada wali kelas siswa yang berkaitan.

Karena surat izin ini dikelompokkan kedalam surat resmi, jadi sudah pasti formatnya mesti ikuti penulisan surat resmi biasanya. Nah, di bawah ini poin-poin utama mesti ada pada surat izin itu :
  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Penanggung Jawab

Contoh Surat izin tidak masuk sekolah



Jakarta, 4 Maret 2016
Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas VII B SMP Negeri 1 Jakarta

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Muh Arsal, Kelas VII A, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat saya,
    Ttd
Mukidi

0 Response to "Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Guru Wali Kelas di Sekolah"

Posting Komentar