Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata - Mata memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, yang berfungsi sebagai jalur masuknya segala bentuk informasi yang diterima melalui organ penglihatan ini. Seiring bertambahnya usia, organ pada mata akan mengalami penurunan secara fungsionalitanya. Agar mata tetap sehat, berikut ini beberapa Tips Menjaga Kesehatan Mata yang dilansir WebMD, Selasa 23 Desember 2014.



Konsumsi Makanan Sehat
Menurut berbagai studi, makanan yang kayak akan kandungan Omega-3, lutein, zinc, Vitamin C dan E bisa membantu kesehatan mata agar terhindar dari masalah yang berkaitan dengan organ penglihatan ini seperti makula dan katarak. Untuk itu perlunya dalam memilih makanan yang sehat seperti selalu mengkonsumsi sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan serta makanan protein yang bukan berasal dari daging seperti Jeruk, Lemon, dan Sitrus.

Berhenti Merokok
Merokok selain mengganggu kesehatan lainnya, juga dapat meningkatkan resiko terkena katarak, kerusakan pada syaraf-syaraf optik, serta degenerasi pada mata. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk merokok agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

Gunakan Pelindung Mata
Bagi Anda yang bekerja langsung terkena paparan material berbahaya seperti tempat las usahakan untuk selalu mengenakan pelindung keamanan mata maupun goggle.

Kurangi Waktu Menatap Layar Gadged
Jika anda menggunakan perangkat seperti smartphone, komputer dalam waktu yang lama akan membuat pandangan mata menjadi kabur, mata kering, mata sulit fokus hingga nyeri punggung, leher dan bahu. Untuk menjaga agar mata tetap sehat, pastikan jarak mata dengan layar 35 cm. istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Beristirahatlah selama 15 menit dalam kurun waktu dua jam sekali.

Rutin Mengunjungi Dokter Mata
Meskipun tidak ada keluhan usahakan untuk selalu memeriksakan kondisi mata ke dokter mata. Selain mengetahui kondisi rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder pemeriksaan mata juga dapat untuk mengetahui lebih awal penyakit mata glukoma yang tidak memiliki gejala hingga bisa lebih cepat diobati.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar